Rss Digg Twitter Delicious Facebook Stumbleupon

Rabu, 04 Agustus 2010

Perbandingan Etika, Etiket dan Moral

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat mengenal kata etika dan cenderung kita samakan dengan etiket dan moral. Mungkin yang menyebabkan kita slalu cenderung menyamakan semuanya karena asas fundamental dari etika, etiket, dan moral berkaitan dengan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tapi coba kita buat perbandingannya yang signifikan.

ETIKA
Istilah etika berasal dari bahasa Yunani yaitu “ethos” yang berarti watak atau kebiasaan. Ketika berbicara tentang etika maka kita akan berbicara diranah penilaian apakah ini baik atau buruk. Etika memiliki sifat yang absolut, dia merupakan pemahaman akan pengetahuan untuk perbuatan yang digolongkan menjadi baik dan buruk. Contoh, ketika kita meminjam buku seseorang kita tidak hanya berpikir bahwa buku itu seharusnya di terima dengan tangan kanan karena itu ranah etiket tetapi kita akan berpikir ke depan untuk tidak melanggar etika yaitu ketika meminjam buku maka seharusnya buku itu dikembalikan kepada pemiliknya.

ETIKET
Berbicara mengenai etiket maka kita akan berbicara tentang sopan santun dan tata krama. Etiket bersifat relatif tergantung situasi dan kondisi. Contohnya ketika kita sedang makan di meja makan akan dikatakan tidak memiliki etiket jika saat itu terdapat orang lain sedangkan apabila kita mengangkat kaki dan pada saat itu tidak ada siapapun maka hal ini dianggap sebuah kewajaran yang tidak melanggar etiket. Penilaian untuk etiket tidak berdasarkan secara universal tetapi tergantung kebudayaan dan kebiasaan yang berlaku di lingkungan tersebut. Contoh di negara-negara barat, dalam hal berpakaian minim bagi kaum wanita itu telah menjadi hal yang wajar dan dianggap tidak melanggar etiket sedangkan di negara-negara timur, ini merupakan hal yang melanggar sopan santun dalam berpakaian dimana masyarakat yang ada di negara-negara timur terbiasa dengan wanita yang memiliki pakaian yang tertutup.

MORAL
moral berasal dari bahasa latin, mores yaitu jamak dari kata mos yang berarti adat kebiasaan. Ketika berbicara tentang moral maka kita akan berbicara tentang kelakuan manusia yang akan di nilai baik dan buruknya. Dalam etika kita akan berteori sedangkan dalam moral maka kita akan lebih banyak berbicara tentang perilaku manusia secara langsung. Contoh seperti buku yang dipinjam harus dikembalikan ini adalah hal yang ideal dalam etika, tetapi dalam moral kita akan melihat terlebih dahulu realitas atau fakta yang terjadi apakah yang meminjam buku tersebut mengembalikannya atau tidak baru bisa dikatakan baik dan buruk dalam hal moral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar