Rss Digg Twitter Delicious Facebook Stumbleupon

Jumat, 31 Desember 2010

Analisis SWOT

          Strategi berasal dari bahasa Yunani “Strategos”, yang berasal dari kata “Stratos” yang berarti militer dan “ag” yang berarti memimpin. Pada awalnya strategi berdasarkan analisis swot digunakan dalam bidang militer dan bisnis untuk memetakan strategi pergerakan kedepan dan upaya mengantisipasi kerugian yang terjadi dengan mengusahakan kekuatan dan peluang yang dimiliki.
        Dalam pemetaan strategi dengan menggunakan analisis SWOT maka diperlukan pemahaman dari seluruh informasi yang ada dan yang terjadi dalam sebuah studi kasus serta adanya tingkat analisis kondisi untuk dapat mengetahui dan berfikir secara mendalam tentang isu atau permasalahan yang sedang terjadi sehingga dapat dilakukan pengambilan sebuah keputusan tentang sebuah tindakan yang akan dilakukan secara tepat dengan .
          Analisis SWOT merupakan salah satu bentuk pendekatan yang bersifat action oriented dengan memiliki ciri khas yaitu pengklasifikasian dan memperhitungkan dua sisi pandangan utama tentang factor internal berupa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta factor eksternal berupa ancaman dan peluang yang dapat terjadi. Secara garis bersar Fungsi dari analisis SWOT merupakan :
  •  Memberikan gambaran tentang permasalahan yang perlu diindikasikan untuk keperluan tertentu.
  •  Menganalisis hubungan antar permasalahan.
  •  Memberikan skenario keadaan sekarang dan masa yang akan datang
 
SWOT merupakan sebuah singkatan dari factor-faktor yang mendukkung analisis ini yaitu strengths (kekuatan-kekuatan), weaknesses (kelemahan-kelemahan), opportunities (peluang-peluang) dan threats (ancaman-ancaman).

  • Kekuatan (strengths)  adalah sumber daya, keterampilan atau keunggulan lain relatif terhadap pesaing dan kebutuhan dari pasar suatu perusahaan (Amin W.T, 1994:75).
  • Kelemahan (weaknesses) adalah keterbatasan/kekurangan dalam sumber daya alam, keterampilan dankemampuan yang secara serius menghalangi kinerja efektif suatu perusahaan (Amin W.T, 1994:75).
  • Peluang (opportunities) adalah situasi/kecenderungan utama yang menguntungkan dalam lingkungan perusahaan (Amin W.T, 1994:74)
  • Ancaman (threats) adalah situasi/kecenderungan utama yang tidak menguntungkan dalam lingkungan perusahaan (Amin W.T, 1994:74)

Kuadran SWOT dapat lihat pada gambar di bawah ini :


Berdasarkan analisis SWOT dengan menggunakan matriks TOWNS yang memiliki klasifikasi sebagai berikut :
1.      Strategi SO yaitu gunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang
2.      Strategi WO yaitu tanggulangi kelemahan dengan memanfaatkan peluang
3.      Strategi ST yaitu gunakan kekuatan untuk menghindari ancaman
4.      Strategi WT yaitu meminimalkan kelemahan dan hindari ancaman.

Internal


Eksternal
S
W
O
Strategi SO dimana Memakai kekuatan untuk memanfaatkan peluang
Strategi WO diaman menanggulangi kendala/kelemahan dengan memanfaatkan peluang
T
Strategi ST dimana memakai kekuatan untuk mengatasi ancaman/ tantangan
Strategi WT dimana memperkecil kelemahan dan mengatasi tantangan/ ancaman
 

1 komentar:

  1. kalo ditambahkan contoh aplikasi penggunaannya..akan sangat baik dan mempermudah pemahaman

    BalasHapus